Connect with us

MAKASSARTA'

Top 5 List Oleh – Oleh Khas Makassar Buat Kamu Yang 2 Jam Lagi Pesawatnya Boarding Alias Dipepet Waktu

Published

on

Selain sebagai jalur pass through menuju Indonesia Timur, Kota Makassar juga sebagai kota terbesar di kawasan ini. Berbagai keperluan menjadi alasan banyak orang mendarat di kota ini, keperluan bisnis, berlibur, perjalanan dinas atau bahkan sekedar transit. Kota metropolitan yang tetap memiliki keanekaragaman suku, budaya hingga kuliner. Sehingga orang yang mengunjunginya, tidak akan melewatkan kota ini tanpa membawa pulang buah tangan.

Buat kamu yang punya banyak waktu, kawasan jalan Somba Opu banyak toko menjual buah tangan. Tapi, buat kamu yang berkunjung cukup singkat, pasti kebingungan mau membeli oleh – oleh yang berkesan. Ini dia, Top 5 list Oleh – Oleh khas Makassar buat kamu yang 2 jam lagi pesawatnya boarding alias dipepet waktu.

Minyak gosok Cap Tawon

Khasiat minyak gosok ini sudah tersohor di seluruh nusantara, baik sebagai obat luar bahkan ada yang sampai dikonsumsi loh. Membawa minyak gosok cap Tawon sebagai oleh – oleh sangat cocok untuk semua kalangan, mulai dari orang tua kamu, bahkan baik digunakan  untuk bayi. tapi jangan asal sembarangan beli, perhatikan beberapa tanda original kemasannya, seperti range harganya untuk tutup merah sekitar dan tutup putih sekitar.

image : pesonanusantara

Jalangkote/ lumpia / otak otak tenggiri

Buat yang hobi makan, pasti bakal mencari cemilan ringan dan tidak repot dibawa di cabin. Jalagkote keliatannya seperti pastel pada umumnya, tapi kulit, isian dan sambelnya, Makassar punya ciri khasnya sendiri.  Otak – otak ikan tenggiri sangat berasa ikannya tapi tidak mengeluarkan bau amis. Untuk perjalanan jauh, semuanya ada yang dikemas frozen atau setengah matang. sebelum menuju bandara, kamu bisa melewati jalan dengan range harga sekitar Rp 8.000 per biji.

image : kompas

Sambal kuning

apa yang membedakan cara makan bakso di Makassar dengan di Medan, Malang, atau Bandung? Jawabannya adalah terletak di sambelnya. buat kamu pecinta pedas, jangan lupa membawa cita rasa Makassar dalam sambel kuning ini.

image : travellingyuk

Kopi Toraja

Meskipun udah terkenal di seluruh dunia dan sudah banyak coffee shop yang menjual variannya, penikmat kopi selalu penasaran dengan bentuk original kopi  toraja langsung dari asalnya. Buat para penikmat kopi, jangan lupa membawa pulang kopi Toraja kemasan classic buatan industri rumahan petani kopi di Toraja.

image : primatravellindo

Sarung tenun

Keindahan motif dari kain sarung tenun asal Sulawesi Selatan sudah sering meramaikan fashion show karya designer tanah air. Bahan dan motif yang etnik tapi terkesan futuristik, dan bisa di mix match dengan fashion item lain. walaupun kamu harus merogoh kocek sedikit dalam, tapi buah tangan yang satu ini sangat dan effortable dan simbolis

image : salsawaisata.com

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTIONews

Danny Pomanto Sebut Program Sombere’ Smart City Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional

Published

on

Walikota Danny

Makassar, Caption.id – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto tampil sebagai narasumber dalam Forum Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan Bank Indonesia (BI) secara virtual. Senin (21/2/2022).

FGD ini membahas akselerasi implementasi Smart City di Kota Makassar dalam rangka mendorong pemulihan ekonomi yang resilient.

Sesuai dengan temanya yakni “Perkembangan Implementasi Makassar Sombere’ and Smart City : Peluang dan Tantangan, Wali Kota Danny Pomanto menjelaskan program Smart City dalam mendukung hal hal strategis yang dapat menjadi kebijakan prioritas dan perlu dieskalasi.

“FGD ini diselenggarakandalam rangka persiapan rapat koordinasi seluruh Indonesia yang akan digelar Bank Indonesia pada tanggal 24 Februari di Kota Makassar, dimana Makassar dan Pemerintah pusat akan menjadi narasumber,” ucap Danny.

Menurut Danny dalam rakor ini nantinya pemerintah Kota Makassar akan memaparkan program Smart City dalam mendukung ekonomi nasional di era digitalisasi dengan turut serta mendorong percepatan implementasi Smart City yang diharapkan menjadi salah satu cara mempercepat proses pemulihan ekonomi nasional dan daerah.

“Dalam rakor tersebut, nantinya kita jelaskan, bahwa sejak 2015 Pemerintah Kota Makassar sudah mempraktekkan hal ini,” ujarnya.

Bahkan ke depan, kata Danny Pemkot Makassar segera mendigitalisasi pembayaran melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

“Paymen kita akan QR code mendigitalisasi paymen lewat QRIS sama dengan kebijakan BI. Kemudian kita membuat Marvec, yaitu sebuah platform yang akan menjadi bahagian daripada ekonomi virtual kota Makassar,,” jelasnya.

Selain Wali Kota Danny hadir pula Dr. Eng. Lukijanto, S.T Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenkomarves, Dr. Hendriwan, Direktur Pendapatan Daerah Kemendagri, Mulyadi, ST.MT, Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika Kominfo.(*)

Continue Reading

CAPTIONews

Wawali Makassar : Semua Pihak Bergerak Sukseskan Percepatan Vaksinasi Makassar

Published

on

Wawali Fatmawati

Makassar, Caption.id – Masih adanya warga Makassar yang belum menerima vaksin menjadi kekhawatiran Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi. Olehnya itu dengan tegas Ia pun meminta agar semua pihak bekerja optimal sukseskan percepatan vaksinasi.

Hal tersebut di utarakannya saat memimpin rapat koordinasi bersama SKPD lingkup Pemerintah Kota Makassar di ruang rapat Wakil Wali Kota Lantai 11 Kantor Balaikota, Senin (21/2/2022).

Fatma menegaskan pentingnya peranan perangkat RT/RW,lurah juga camat dalam mensosialisasikan pentingnya vaksinasi di masa pandemi seperti sekarang.

Wawali Fatmawati Rusdi memimpin rapat koordinasi

“Sekarang kita di serang oleh yang namanya omicron. Tapi dengan vaksinasi yang sudah di lakukan hingga tahapan kedua,imunitas tubuh bisa sedikit melindungi diri. Gejala yang di dapatkan ketika terpapar tidak seberat jenis covid Delta kemarin. Artinya memang tubuh kita perlu di vaksin”,jelas Fatma.

Wawali Makassar ini juga meminta pada Kepala Dinas Kesehatan Nursaida agar juga menyiapkan vaksin dosis ketiga yaitu booster.

“Bu Kadis persiapan vaksinasi ketiga harus di maksimalkan juga. Aturannya dan mekanismenya seperti apa itu juga harus segera di edukasi ke masyarakat agar kita semua bisa terlindungi”,pintanya.

Tak hanya itu saja, dalam rakor tersebut juga di bahas terkait pendidikan,aset,dan berbagai hal lainnya yang kaitannya tentang pelayanan ke masyarakat Makassar.(*)

Continue Reading

LIFESTYLE

Jelang HUT Ke 28 Tahun, IMB Group Kembali Gelar Donor Darah

Published

on

Makassar, Caption.id – IMB Group melalui IMB Foundation menggelar donor darah sebagai bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan HUT ke 28 Tahun IMB Group dan bentuk kepedulian terhadap sesama, di Ballroom Hotel Aerotel Smile, Jalan Muchtar Lutfi No 38, Jumat (21/1/2022).


Donor darah diikuti karyawan IMB Group dan Komunitas Pahlawan Darah Makassar dengan
jumlah peserta 110 orang. Donor darah menjadi agenda rutin IMB Foundation setiap triwulannya
bekerjasama dengan UPTD Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan. Selain itu, kegiatan ini
memberikan fasilitas pengecekan kesehatan (gula darah, kolesterol dan asam urat) yang
bekerjasama dengan Kimia Farma.


Presiden Direktur IMB Group, Andi Rahmat Manggabarani mengatakan bahwa kegiatan yang
dilaksanakan ini dalam rangka peringatan HUT IMB Group ke 28 Tahun dengan tema Sinergi
Dalam Bertransformasi. Sebagai wujud implementasi tema tersebut, kegiatan Donor Darah menjadi sinergi IMB Group terhadap kepedulian dalam membantu sesama yang membutuhkan.


“Kegiatan sosial donor darah ini merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility
(CSR) yang diselenggarakan secara berkala. Dan apresiasi setinggi – tingginya bagi pendonor yang
memiliki kesadaran dan jiwa sosial khusunya di masa pandemi ini untuk membantu memenuhi
stok kebutuhan darah”, ujar Andi Rahmat Manggabarani.


Beberapa program CSR yang dilaksanakan IMB Group melalui IMB Foundation lainnya, antara
lain melakukan kunjungan dan donasi ke panti asuhan, kegiatan penanaman pohon, pemberdayaan rumah tahfidz dan donasi sampah daur ulang ke bank sampah setempat.

Continue Reading

Trending

Copyright ©2022