Connect with us

EKONOMI

Tekad Kembangkan Ekosistem Digital, Menkominfo : Pemerintah Perkuat Literasi dan Awasi Platform Keuangan Digital

Published

on

Caption.id – Pemerintah terus berupaya mengembangkan ekosistem dan investasi di sektor keuangan digital. Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) optimis dapat meningkatkan literasi keuangan masyarakat sekaligus pengawasan terhadap platform keuangan digital.

“Langkah-langkah menyokong sektor investasi digital akan dilakukan Kominfo sebagai leading sector dalam memandu agenda transformasi digital Indonesia,” tegas Menkominfo Johnny G. Plate dalam Webinar Perkumpulan Investor Pasar Modal Indonesia: Investing and Trading Summit, secara virtual dari rumah dinas, Jakarta Selatan, Jumat (18/02/2022).

Menteri Johnny menyatakan salah satu langkah yang dilaksanakan Kementerian Kominfo melalui Program Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) untuk meningkatkan literasi masyarakat yang berkaitan dengan sektor pasar modal. Mengutip hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2021 yang dilakukan OJK, Menkominfo menyatakan Indeks Literasi Keuangan Nasional terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

“Tahun 2013 yang lalu berada pada presentasi sekitar 21,8. Kemudian, jumlah itu mengalami menjadi 29,7% di tahun 2016 dan terus meningkat di tahun 2019 mencapai 38,3%. Pada tahun 2013, khusus Indeks Literasi Sektor Pasar Modal masih di sekitar 3,79%, Di tahun 2016 4,4%, sedangkan 2019 meningkat sebesar 4,92%,” tuturnya.  Dengan tren yang terus positif, Menteri Johnny mengharapkan Indonesia dapat terus meningkatkan angka literasi keuangan, pemanfaatan financial technology (fintech) dan memberikan akses lebih luas bagi siapa pun untuk melakukan investasi. 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EKONOMI

Mendag Muh Lutfi Menyampaikan Kinerja Perdagangan Indonesia 2021 : Bertransformasidan Fokus Pada Nilai Tambah

Published

on

Caption.id – Menteri  Perdagangan  Muhammad  Lutfi menyampaikan,  sektor perdagangan   pada   2021   cukup membanggakan. Saat   ini, Indonesia   sedang   bertransformasi menjadi  negara  yang  menjual  barang  industri  dan  industri  berteknologi  tinggi. Hal  ini  merupakan komitmen   Indonesia   untuk   mendorong peningkatan   nilai   tambah barang   komoditas   dasar pertambangan.  Selain  itu,  pasar  Indonesia  yang  besar juga menjadi  magnet  investasi untuk menjadi sentra produksi.

Hal tersebut diutarakan Mendag Lutfi dalam Gambir Trade Talk (GTT) #5 2002 yang digelar secara daring kemarin, Rabu (23/2). GTT #5 mengusung tema “Retrospeksi Kinerja Perdagangan 2021 dan Resolusi 2022”.

“Catatan yang membanggakan dari ekspor nonmigas Indonesia pada 2021 adalah empat dari lima produk   ekspor   utama merupakanbarang-barang   industri   dan   industri   berteknologi   tinggi. Komoditas  tersebut  adalah  CPO  dan  turunannya  (USD  32,83 miliar);besi  baja (USD  20,95 miliar); produk elektrik dan elektronika (USD 11,80 miliar;serta kendaraan bermotor dan suku cadangnya(USD 8,64 miliar),”ungkap Mendag.

Mendag menambahkan, ekspor mobil telahmenjadi primadona ekspor Indonesiasaat ini. Bahkanpada  15  Februari  lalu,Indonesia  telah  berhasil  melakukan  eksporperdana  produkmobil  ke Australia    sebagai    salah    satu    implementasi    Indonesia-Australia Comprehensive    Economic Partnership Agreement(CEPA).

Selain  itu,  Mendag  juga  mengungkapkan  bahwa  salah  satu  hal  penting dari  capaian ekspor  2021 adalah komitmen  Indonesia  terhadap  hilirisasi  produk  pertambangan  yang  akan  menjadi game changerIndonesia di masa yang akan datang.

Continue Reading

EKONOMI

Melalui Festival Bau Nyale 2022 Menparekraf Harap Kebangkitan dan Kepulihan Ekonomi

Published

on

Caption.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, menghadiri acara seremonial Pesona Festival Bau Nyale 2022, yang berlangsung di Novotel Lombok, NTB, pada Minggu (20/2/2022) malam.

Salah satu bagian dari event Kharisma Event Nusantara (KEN) Kemenparekraf/Baparekaf, Festival Bau Nyale merupakan tradisi turun temurun dari masyarakat dari Suku Sasak. Antusiasme masyarakat sangat besar dan menyambut dengan meriah, lantaran festival tahunan ini sempat ditiadakan semenjak pandemi COVID-19 melanda.

Dikutip dari siaran pers kemenparekraf, Menparekraf Sandiaga berharap perhelatan Festival Bau Nyale dengan tema Spirit of Mandalika dapat menjadi momentum kebangkitan dan kepulihan ekonomi masyarakat NTB.

“Setelah absen beberapa saat event daerah, kini mulai digeliatkan. Dan mudah-mudahan event ini sebagai momentum kebangkitan ekonomi kita. Festival Bau Nyale 2022 dengan tema Spirit of Mandalika ini kita harapkan juga sebagai momentum persiapan kita menghadapi MotoGP sebagai pra-event,” kata Sandiaga.

Gubernur Provinsi NTB, Zulkieflimansyah, mengatakan bahwa Mandalika adalah satu spirit yang sering diceritakan oleh orang tua, agar setelah penat “berkelahi” dengan kehidupan, Mandalika menawarkan kegembiraan bagi masyarakat. Dan kini Mandalika telah menjadi one of the best destination in the world yang diburu oleh “pangeran- pangeran besar” (wisatawan) dari seluruh penjuru dunia.

“Mandalika menjelma menjadi sirkuit Mandalika. Dan mudah-mudahan dengan hadirnya berbagai event internasional spirit of Mandalika dapat memberikan senyuman prestasi terbaik, dan kegembiraan bagi masyarakat,” kata Zulkieflimansyah.

Continue Reading

EKONOMI

Bank BCA Umumkan Akan RUPST Dengan Rencana Perombakan Direksi

Published

on

Caption.id – PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) atau BCA akan merombak susunan direksi pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang akan dilaksanakan 17 Maret 2022 mendatang. Pengumuman tersebut disampaikan perseroan melalui keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Perseroan mengatakan, perubahan susunan anggota direksi yang akan diusulkan adalah mengangkat Gregory Hendra Lembong sebagai wakil presiden direktur perseroan.
Direktur yang membawahkan fungsi kepatuhan perseroan akan dijabat oleh Lianawaty Suwono. Posisi tersebut semula dijabat oleh Haryanto Tiara Budiman. Dan mengangkat Antonius Widodo Mulyono sebagai direktur perseroan.

Masa jabatan direksi baru akan berlaku efektif pada hari kerja pertama bulan berikutnya setelah perseroan menerima persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas pengangkatan tersebut.. Selain perombakan direksi, dalam mata acara lain, RUPST juga akan menyetujui laporan tahunan termasuk laporan keuangan perseroan dan Laporan tugas pengawasan dewan komisaris perseroan untuk tahun buku yang berakhir 31 Desember 2022

Continue Reading

Trending

Copyright ©2022