Connect with us

MAKASSARTA'

Sosial Media Marketing Untuk Bisnis Di Kota Makassar

Published

on

Makassar, Caption.id – Era digitalisasi yang diwarnai dengan tragedi pandemi Covid 19 telah banyak merubah pola hidup penduduk dunia. Dengan segala keterbatasan gerak akibat pandemi, menambah ketergantungan kita tehadap teknologi, baik alat pemenuhan kebutuhan pribadi, sarana komunikasi, bisnis, dan metode pendidikan. Tidak ada kata terlambat untuk mengejar ketertinggalan Indonesia dalam ekosistem digital dunia.

Menurut data Hootsuite (We are Social), pada pandemi pengguna Internet di Indonesia mencapai 175,4 juta dan pengguna media sosial aktif mencapai 160 juta, angka ini meningkat 30% selama masa karantina. Selain memiliki angka pengguna yang tinggi, juga dilengkapi tools yang secara analaytical dapat mengkategorikan segmentasi pasar konsumen agar bisnis yang dijalankan dapat berhasil dan tepat sasaran. Meskipun masih digunakan, metode perikalanan secara konvensional dianggap lebih mahal dan kurang efektif dalam mencapai pasar sasaran.

Social media marketing tidak hanya sebagai bentuk periklanan secara online namun dikemas dengan content creation, content sharing, connecting, dan community building melalui jejaring sosial, situs berita sosial, atau situs berbagi pendapat sosial. Hal yang membuat sosial media marketing menarik dan mempengaruhi keputusan pembelian adalah mengemas dengan baik ide konten, desain feed, video, dan copywiting yang powerful.

Beberapa perusahaan besar di Indonesia, sudah mengalihkan metode mereka menuju social media marketing, baik melalui Facebook ads, Instagram ads, google ads, email marketing, dll. Namun beberapa pengusaha di Makassar belum menganggap metode ini sebagai urgency di era digital. Hal ini didasarkan pada pemikiran bahwa sosial media marketing dianggap efisien, namun belum dianggap efektif dan signifikan mempengaruhi angka penjualan secara massive.

Selain menjadi sarana memasarkan produk atau jasa, brand juga dapat membentuk suatu campagne yang secara langsung akan mempertegas kredibilitas dan trust dari brand tersebut. Beberapa point penting dalam membangun sosial media marketing adalah memilih konten yang sesuai dengan value perusahaan, memilih pelanggan atau komunitas potensial (dengan tools yang tepat, segementasi pasar dapat dipilih dan terukur perkembangannya), dan fokus pada platform sosial media yang potensial saja. saat ini banyak jasa yang menawarkan social media marketing, para pemilik bisnis cukup duduk tenang dan menunggu impactnya. 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTIONews

Danny Pomanto Sebut Program Sombere’ Smart City Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional

Published

on

Walikota Danny

Makassar, Caption.id – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto tampil sebagai narasumber dalam Forum Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan Bank Indonesia (BI) secara virtual. Senin (21/2/2022).

FGD ini membahas akselerasi implementasi Smart City di Kota Makassar dalam rangka mendorong pemulihan ekonomi yang resilient.

Sesuai dengan temanya yakni “Perkembangan Implementasi Makassar Sombere’ and Smart City : Peluang dan Tantangan, Wali Kota Danny Pomanto menjelaskan program Smart City dalam mendukung hal hal strategis yang dapat menjadi kebijakan prioritas dan perlu dieskalasi.

“FGD ini diselenggarakandalam rangka persiapan rapat koordinasi seluruh Indonesia yang akan digelar Bank Indonesia pada tanggal 24 Februari di Kota Makassar, dimana Makassar dan Pemerintah pusat akan menjadi narasumber,” ucap Danny.

Menurut Danny dalam rakor ini nantinya pemerintah Kota Makassar akan memaparkan program Smart City dalam mendukung ekonomi nasional di era digitalisasi dengan turut serta mendorong percepatan implementasi Smart City yang diharapkan menjadi salah satu cara mempercepat proses pemulihan ekonomi nasional dan daerah.

“Dalam rakor tersebut, nantinya kita jelaskan, bahwa sejak 2015 Pemerintah Kota Makassar sudah mempraktekkan hal ini,” ujarnya.

Bahkan ke depan, kata Danny Pemkot Makassar segera mendigitalisasi pembayaran melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

“Paymen kita akan QR code mendigitalisasi paymen lewat QRIS sama dengan kebijakan BI. Kemudian kita membuat Marvec, yaitu sebuah platform yang akan menjadi bahagian daripada ekonomi virtual kota Makassar,,” jelasnya.

Selain Wali Kota Danny hadir pula Dr. Eng. Lukijanto, S.T Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenkomarves, Dr. Hendriwan, Direktur Pendapatan Daerah Kemendagri, Mulyadi, ST.MT, Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika Kominfo.(*)

Continue Reading

CAPTIONews

Wawali Makassar : Semua Pihak Bergerak Sukseskan Percepatan Vaksinasi Makassar

Published

on

Wawali Fatmawati

Makassar, Caption.id – Masih adanya warga Makassar yang belum menerima vaksin menjadi kekhawatiran Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi. Olehnya itu dengan tegas Ia pun meminta agar semua pihak bekerja optimal sukseskan percepatan vaksinasi.

Hal tersebut di utarakannya saat memimpin rapat koordinasi bersama SKPD lingkup Pemerintah Kota Makassar di ruang rapat Wakil Wali Kota Lantai 11 Kantor Balaikota, Senin (21/2/2022).

Fatma menegaskan pentingnya peranan perangkat RT/RW,lurah juga camat dalam mensosialisasikan pentingnya vaksinasi di masa pandemi seperti sekarang.

Wawali Fatmawati Rusdi memimpin rapat koordinasi

“Sekarang kita di serang oleh yang namanya omicron. Tapi dengan vaksinasi yang sudah di lakukan hingga tahapan kedua,imunitas tubuh bisa sedikit melindungi diri. Gejala yang di dapatkan ketika terpapar tidak seberat jenis covid Delta kemarin. Artinya memang tubuh kita perlu di vaksin”,jelas Fatma.

Wawali Makassar ini juga meminta pada Kepala Dinas Kesehatan Nursaida agar juga menyiapkan vaksin dosis ketiga yaitu booster.

“Bu Kadis persiapan vaksinasi ketiga harus di maksimalkan juga. Aturannya dan mekanismenya seperti apa itu juga harus segera di edukasi ke masyarakat agar kita semua bisa terlindungi”,pintanya.

Tak hanya itu saja, dalam rakor tersebut juga di bahas terkait pendidikan,aset,dan berbagai hal lainnya yang kaitannya tentang pelayanan ke masyarakat Makassar.(*)

Continue Reading

LIFESTYLE

Jelang HUT Ke 28 Tahun, IMB Group Kembali Gelar Donor Darah

Published

on

Makassar, Caption.id – IMB Group melalui IMB Foundation menggelar donor darah sebagai bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan HUT ke 28 Tahun IMB Group dan bentuk kepedulian terhadap sesama, di Ballroom Hotel Aerotel Smile, Jalan Muchtar Lutfi No 38, Jumat (21/1/2022).


Donor darah diikuti karyawan IMB Group dan Komunitas Pahlawan Darah Makassar dengan
jumlah peserta 110 orang. Donor darah menjadi agenda rutin IMB Foundation setiap triwulannya
bekerjasama dengan UPTD Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan. Selain itu, kegiatan ini
memberikan fasilitas pengecekan kesehatan (gula darah, kolesterol dan asam urat) yang
bekerjasama dengan Kimia Farma.


Presiden Direktur IMB Group, Andi Rahmat Manggabarani mengatakan bahwa kegiatan yang
dilaksanakan ini dalam rangka peringatan HUT IMB Group ke 28 Tahun dengan tema Sinergi
Dalam Bertransformasi. Sebagai wujud implementasi tema tersebut, kegiatan Donor Darah menjadi sinergi IMB Group terhadap kepedulian dalam membantu sesama yang membutuhkan.


“Kegiatan sosial donor darah ini merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility
(CSR) yang diselenggarakan secara berkala. Dan apresiasi setinggi – tingginya bagi pendonor yang
memiliki kesadaran dan jiwa sosial khusunya di masa pandemi ini untuk membantu memenuhi
stok kebutuhan darah”, ujar Andi Rahmat Manggabarani.


Beberapa program CSR yang dilaksanakan IMB Group melalui IMB Foundation lainnya, antara
lain melakukan kunjungan dan donasi ke panti asuhan, kegiatan penanaman pohon, pemberdayaan rumah tahfidz dan donasi sampah daur ulang ke bank sampah setempat.

Continue Reading

Trending

Copyright ©2022