Connect with us

MAKASSARTA'

Pasang Surut Bisnis Thrift Store di Kota Makassar

Published

on

Makassar, Caption.id – Pada awal kemunculannya, diiringi kontoversi karena terkait legalitas dan issue kebersihan, namun thrifting seolah menjadi trend belanja di  kalangan anak muda. Mulai dari pakaian, tas, sepatu hingga aksesoris seperti jam tangan. Membeli barang original yang bekas atau barang tiruan (kw), adalah dua pilihan yang mempengaruhi perilaku konsumen yang ingin merasakan pengalaman memiliki barang branded. Selain harga yang lebih terjangkau, thrift store menjadi surga bagi pecinta gaya vintage yang autentik dari masanya.

Kota Makassar diramaikan oleh beberapa titik thrift store, baik yang berada di pasar tradisional maupun store yang dikemas lebih modern. Thrifting store saat ini  juga bisa beradaptasi dengan era digital, dengan memasarkannya secara online. Sebagai trend, thrifting mengalami pasang surut, namun tetap dianggap sebagai peluang bisnis bagi beberapa pengusaha mengingat mudahnya memperoleh pasokan barang. Berikut  3 garis waktu trend thrift store di kalangan anak muda Makassar.

1. Mulai menginvasi kota Makassar di sekitar  tahun 2000an

Masih ingat ga kamu generasi Y, kawasan thrift store di Jalan Topaz. Adanya kawasan ini menjadi cikal bakal berkembangangnya thrifting di Makassar. Walaupun akhirnya ditutup,kawasan tersebut kemudian bergeser ke sekitar pasar Toddopuli. Pada saat itu, thrifting mencapai masa keemasannya, karena belum banyak pilihan akan toko retail dan dapat menyasar semua kalangan dan usia.

2. Event yang menciptakan pengalaman berbelanja thrifting tahun 2015

Terkadang kesan rapi dan nyaman, bukan hal yang utama saat membeli barang – barang thrift. Namun sekitar tahun 2015, beberapa event anak muda di kota Makassar seperti Gullysale, Popcycle, MCR mengkolaborasikan konsep kuliner, musik dan berbelanja barang – barang terkangkau termasuk thrifting. Tentunya event ini sukses mempertemukan anak muda yang gemar barang – barang vintage dengan harga yang terjangkau dengan suasana yang lebih menarik, nyaman dan gaul.

3. Era digital : saatnya thrifting secara online dan mengkampanyekan suistanable fashion.

Era digital menyentuh semua lini kehidupan, tidak terkecuali thrift store. Banyak pelaku usaha thrifting menjual barangnya secara online. Bahkan ada beberapa ecommerce yang khusus menjual barang preloved dari selebrity seperti tinkerlust. Kemudahan berbelanja secara online tentu akan membangkitkan kembali trend ini dan mengingatkan kembali akan pentingnya “keberlanjutan fashion” dengan memperlambat sumbangsih limbah tekstil karena perkembangan fashion yang begitu cepat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTIONews

Danny Pomanto Sebut Program Sombere’ Smart City Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional

Published

on

Walikota Danny

Makassar, Caption.id – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto tampil sebagai narasumber dalam Forum Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan Bank Indonesia (BI) secara virtual. Senin (21/2/2022).

FGD ini membahas akselerasi implementasi Smart City di Kota Makassar dalam rangka mendorong pemulihan ekonomi yang resilient.

Sesuai dengan temanya yakni “Perkembangan Implementasi Makassar Sombere’ and Smart City : Peluang dan Tantangan, Wali Kota Danny Pomanto menjelaskan program Smart City dalam mendukung hal hal strategis yang dapat menjadi kebijakan prioritas dan perlu dieskalasi.

“FGD ini diselenggarakandalam rangka persiapan rapat koordinasi seluruh Indonesia yang akan digelar Bank Indonesia pada tanggal 24 Februari di Kota Makassar, dimana Makassar dan Pemerintah pusat akan menjadi narasumber,” ucap Danny.

Menurut Danny dalam rakor ini nantinya pemerintah Kota Makassar akan memaparkan program Smart City dalam mendukung ekonomi nasional di era digitalisasi dengan turut serta mendorong percepatan implementasi Smart City yang diharapkan menjadi salah satu cara mempercepat proses pemulihan ekonomi nasional dan daerah.

“Dalam rakor tersebut, nantinya kita jelaskan, bahwa sejak 2015 Pemerintah Kota Makassar sudah mempraktekkan hal ini,” ujarnya.

Bahkan ke depan, kata Danny Pemkot Makassar segera mendigitalisasi pembayaran melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

“Paymen kita akan QR code mendigitalisasi paymen lewat QRIS sama dengan kebijakan BI. Kemudian kita membuat Marvec, yaitu sebuah platform yang akan menjadi bahagian daripada ekonomi virtual kota Makassar,,” jelasnya.

Selain Wali Kota Danny hadir pula Dr. Eng. Lukijanto, S.T Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenkomarves, Dr. Hendriwan, Direktur Pendapatan Daerah Kemendagri, Mulyadi, ST.MT, Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika Kominfo.(*)

Continue Reading

CAPTIONews

Wawali Makassar : Semua Pihak Bergerak Sukseskan Percepatan Vaksinasi Makassar

Published

on

Wawali Fatmawati

Makassar, Caption.id – Masih adanya warga Makassar yang belum menerima vaksin menjadi kekhawatiran Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi. Olehnya itu dengan tegas Ia pun meminta agar semua pihak bekerja optimal sukseskan percepatan vaksinasi.

Hal tersebut di utarakannya saat memimpin rapat koordinasi bersama SKPD lingkup Pemerintah Kota Makassar di ruang rapat Wakil Wali Kota Lantai 11 Kantor Balaikota, Senin (21/2/2022).

Fatma menegaskan pentingnya peranan perangkat RT/RW,lurah juga camat dalam mensosialisasikan pentingnya vaksinasi di masa pandemi seperti sekarang.

Wawali Fatmawati Rusdi memimpin rapat koordinasi

“Sekarang kita di serang oleh yang namanya omicron. Tapi dengan vaksinasi yang sudah di lakukan hingga tahapan kedua,imunitas tubuh bisa sedikit melindungi diri. Gejala yang di dapatkan ketika terpapar tidak seberat jenis covid Delta kemarin. Artinya memang tubuh kita perlu di vaksin”,jelas Fatma.

Wawali Makassar ini juga meminta pada Kepala Dinas Kesehatan Nursaida agar juga menyiapkan vaksin dosis ketiga yaitu booster.

“Bu Kadis persiapan vaksinasi ketiga harus di maksimalkan juga. Aturannya dan mekanismenya seperti apa itu juga harus segera di edukasi ke masyarakat agar kita semua bisa terlindungi”,pintanya.

Tak hanya itu saja, dalam rakor tersebut juga di bahas terkait pendidikan,aset,dan berbagai hal lainnya yang kaitannya tentang pelayanan ke masyarakat Makassar.(*)

Continue Reading

LIFESTYLE

Jelang HUT Ke 28 Tahun, IMB Group Kembali Gelar Donor Darah

Published

on

Makassar, Caption.id – IMB Group melalui IMB Foundation menggelar donor darah sebagai bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan HUT ke 28 Tahun IMB Group dan bentuk kepedulian terhadap sesama, di Ballroom Hotel Aerotel Smile, Jalan Muchtar Lutfi No 38, Jumat (21/1/2022).


Donor darah diikuti karyawan IMB Group dan Komunitas Pahlawan Darah Makassar dengan
jumlah peserta 110 orang. Donor darah menjadi agenda rutin IMB Foundation setiap triwulannya
bekerjasama dengan UPTD Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan. Selain itu, kegiatan ini
memberikan fasilitas pengecekan kesehatan (gula darah, kolesterol dan asam urat) yang
bekerjasama dengan Kimia Farma.


Presiden Direktur IMB Group, Andi Rahmat Manggabarani mengatakan bahwa kegiatan yang
dilaksanakan ini dalam rangka peringatan HUT IMB Group ke 28 Tahun dengan tema Sinergi
Dalam Bertransformasi. Sebagai wujud implementasi tema tersebut, kegiatan Donor Darah menjadi sinergi IMB Group terhadap kepedulian dalam membantu sesama yang membutuhkan.


“Kegiatan sosial donor darah ini merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility
(CSR) yang diselenggarakan secara berkala. Dan apresiasi setinggi – tingginya bagi pendonor yang
memiliki kesadaran dan jiwa sosial khusunya di masa pandemi ini untuk membantu memenuhi
stok kebutuhan darah”, ujar Andi Rahmat Manggabarani.


Beberapa program CSR yang dilaksanakan IMB Group melalui IMB Foundation lainnya, antara
lain melakukan kunjungan dan donasi ke panti asuhan, kegiatan penanaman pohon, pemberdayaan rumah tahfidz dan donasi sampah daur ulang ke bank sampah setempat.

Continue Reading

Trending

Copyright ©2022