Connect with us

EKONOMI

Mentan SYL Ajak Pengusaha Sulsel jadi Petani Go Internasional

Published

on

Makassar, Caption.id – Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo hadir sebagai narasumber dalam acara seminar eksekutif bertajuk Urban Farming for Millenials yang digelar oleh himpunan pengusaha muda indonesia (HIPMI) Sulawesi Selatan pada sabtu (27/11/2021) malam.

Dalam kesempatan itu, pria yang akrab disapa SYL memaparkan potensi nasional dengan potensi ekspor yang terus membaik, saat ia menjabat sebagai menteri pertanian hingga hari ini.

“Eksport kita terus membaik dengan nilainya yang terus membaik. Salah satunya adalah lahirnya pengusaha pengusaha ribuan tahun yang melihat peluang pasar internasional,” ujarnya di hadapan ratusan peserta.

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan dua periode ini menambahkan, saat ini pemerintah khususnya kementerian sedang melakukan kunjungan ke Eropa dalam rangka pertemuan antara eksportir dengan para pembeli.

Selain itu, diselah seminar, Mentan SYL juga langsung video call via zoom dengan petani millenial indonesia yang sedang kunjungan di Belanda dan Dubai.

Ade, salah satu petani millenial memberikan testinominya bahwa saat ini ia mendapatkan LoI sebesar 200 miliar rupiah sudah kunjungannya.

“Kami optimis eksport hingga Rp5 triliunper tahun” kata Ade via zoom di acara seminar.

Sementara Ketua Umum BPD HIPMI Sulawesi selatan, Andi Rahmat Manggabarani saat memberikan sambutan di latar belakang kegiatan ini sebagai upaya untuk mendorong anak muda sulawesi selatan jadi pengusaha go Internasional.

“HIPMI Sulsel terus berkomitmen membuka jalan dan bersinergi dengan semua pihak dalam upaya lahirkan pengusaha muda pertanian dari sulsel yang dikenal sebagai lumbung padi nasional.

“Dengan kehadiran Bapak Mentan, Putra Kebanggan Sulsel, akan menginpirasi kita semua untuk sukses terutama dari sektor pertanian” Kata Andi Rahmat dalam sambutannya.

Selain Mentan SYL, hadir juga Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa, MSc sebagai narasumber. Acara Seminar Eksekutif dihadiri pengurus HIPMI Sulsel, BPC HIPMI Se sulsel, penggiat dan pelaku usaha pertanian, mahasiswa dan komunitas pertanian.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EKONOMI

Mendag Muh Lutfi Menyampaikan Kinerja Perdagangan Indonesia 2021 : Bertransformasidan Fokus Pada Nilai Tambah

Published

on

Caption.id – Menteri  Perdagangan  Muhammad  Lutfi menyampaikan,  sektor perdagangan   pada   2021   cukup membanggakan. Saat   ini, Indonesia   sedang   bertransformasi menjadi  negara  yang  menjual  barang  industri  dan  industri  berteknologi  tinggi. Hal  ini  merupakan komitmen   Indonesia   untuk   mendorong peningkatan   nilai   tambah barang   komoditas   dasar pertambangan.  Selain  itu,  pasar  Indonesia  yang  besar juga menjadi  magnet  investasi untuk menjadi sentra produksi.

Hal tersebut diutarakan Mendag Lutfi dalam Gambir Trade Talk (GTT) #5 2002 yang digelar secara daring kemarin, Rabu (23/2). GTT #5 mengusung tema “Retrospeksi Kinerja Perdagangan 2021 dan Resolusi 2022”.

“Catatan yang membanggakan dari ekspor nonmigas Indonesia pada 2021 adalah empat dari lima produk   ekspor   utama merupakanbarang-barang   industri   dan   industri   berteknologi   tinggi. Komoditas  tersebut  adalah  CPO  dan  turunannya  (USD  32,83 miliar);besi  baja (USD  20,95 miliar); produk elektrik dan elektronika (USD 11,80 miliar;serta kendaraan bermotor dan suku cadangnya(USD 8,64 miliar),”ungkap Mendag.

Mendag menambahkan, ekspor mobil telahmenjadi primadona ekspor Indonesiasaat ini. Bahkanpada  15  Februari  lalu,Indonesia  telah  berhasil  melakukan  eksporperdana  produkmobil  ke Australia    sebagai    salah    satu    implementasi    Indonesia-Australia Comprehensive    Economic Partnership Agreement(CEPA).

Selain  itu,  Mendag  juga  mengungkapkan  bahwa  salah  satu  hal  penting dari  capaian ekspor  2021 adalah komitmen  Indonesia  terhadap  hilirisasi  produk  pertambangan  yang  akan  menjadi game changerIndonesia di masa yang akan datang.

Continue Reading

EKONOMI

Melalui Festival Bau Nyale 2022 Menparekraf Harap Kebangkitan dan Kepulihan Ekonomi

Published

on

Caption.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, menghadiri acara seremonial Pesona Festival Bau Nyale 2022, yang berlangsung di Novotel Lombok, NTB, pada Minggu (20/2/2022) malam.

Salah satu bagian dari event Kharisma Event Nusantara (KEN) Kemenparekraf/Baparekaf, Festival Bau Nyale merupakan tradisi turun temurun dari masyarakat dari Suku Sasak. Antusiasme masyarakat sangat besar dan menyambut dengan meriah, lantaran festival tahunan ini sempat ditiadakan semenjak pandemi COVID-19 melanda.

Dikutip dari siaran pers kemenparekraf, Menparekraf Sandiaga berharap perhelatan Festival Bau Nyale dengan tema Spirit of Mandalika dapat menjadi momentum kebangkitan dan kepulihan ekonomi masyarakat NTB.

“Setelah absen beberapa saat event daerah, kini mulai digeliatkan. Dan mudah-mudahan event ini sebagai momentum kebangkitan ekonomi kita. Festival Bau Nyale 2022 dengan tema Spirit of Mandalika ini kita harapkan juga sebagai momentum persiapan kita menghadapi MotoGP sebagai pra-event,” kata Sandiaga.

Gubernur Provinsi NTB, Zulkieflimansyah, mengatakan bahwa Mandalika adalah satu spirit yang sering diceritakan oleh orang tua, agar setelah penat “berkelahi” dengan kehidupan, Mandalika menawarkan kegembiraan bagi masyarakat. Dan kini Mandalika telah menjadi one of the best destination in the world yang diburu oleh “pangeran- pangeran besar” (wisatawan) dari seluruh penjuru dunia.

“Mandalika menjelma menjadi sirkuit Mandalika. Dan mudah-mudahan dengan hadirnya berbagai event internasional spirit of Mandalika dapat memberikan senyuman prestasi terbaik, dan kegembiraan bagi masyarakat,” kata Zulkieflimansyah.

Continue Reading

EKONOMI

Bank BCA Umumkan Akan RUPST Dengan Rencana Perombakan Direksi

Published

on

Caption.id – PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) atau BCA akan merombak susunan direksi pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang akan dilaksanakan 17 Maret 2022 mendatang. Pengumuman tersebut disampaikan perseroan melalui keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Perseroan mengatakan, perubahan susunan anggota direksi yang akan diusulkan adalah mengangkat Gregory Hendra Lembong sebagai wakil presiden direktur perseroan.
Direktur yang membawahkan fungsi kepatuhan perseroan akan dijabat oleh Lianawaty Suwono. Posisi tersebut semula dijabat oleh Haryanto Tiara Budiman. Dan mengangkat Antonius Widodo Mulyono sebagai direktur perseroan.

Masa jabatan direksi baru akan berlaku efektif pada hari kerja pertama bulan berikutnya setelah perseroan menerima persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas pengangkatan tersebut.. Selain perombakan direksi, dalam mata acara lain, RUPST juga akan menyetujui laporan tahunan termasuk laporan keuangan perseroan dan Laporan tugas pengawasan dewan komisaris perseroan untuk tahun buku yang berakhir 31 Desember 2022

Continue Reading

Trending

Copyright ©2022