Connect with us

LIFESTYLE

Hikikomori : Isolasi Mandiri Para Milenial Jepang

Published

on

Caption.id – Kehidupan masyarakat Asia terkenal menjunjung reputasi dan tatanan nilai sosial yang baku dan tegas. Namun modernisasi membuat beberapa pergeseran sehingga setiap orang, khususnya remaja lebih merdeka dalam berpendapat. Negara di Asia, contohnya Jepang, remajanya telah meninggalkan struktur kehidupan yang baku seperti menikah di umur 25 tahun hingga keputusan menarik diri dari kehidupan sosial masyarakat.

Hikikomori merupakan fenomena menarik diri dari lingkungan sosial dengan memilih mengurung diri di rumah atau kamar. Remaja usia 20 hingga 29 tahun menjadi usia mayoritas penderita fenomena ini, dengan rasio gender terbanyak adalah remaja pria. Fakta mengherankan lainnya adalah penderitanya kebanyakan berasa dari keluarga yang berpendidikan tinggi.

Hikikomori tidak digolongkan sebagai penyakit yang menyerang mental, walaupun berasal dari tekanan sosial seperti ekpektasi pencapaian akademik, tidak mendapatkan pekerjaan yang diimpikan, atau belum mau menikah. Mereka pun berpikir untuk meninggalkan kehidupan sosial dan memilih melakukan aktivitas yang menyenangkan bagi dirinya seperti bermain game, membaca komik, atau bergelut dengan komputer. Selama tidak membiarkan ruang kosong dalam jiwa, dan mengisinya dengan hal – hal yang menyenangkan bagi diri sendiri, hikikomori belum menjadi ancaman besar bagi Jepang. Namun, jika fenomena individualis ini terjadi jangka panjang, akan mempengaruhi populasi di Jepang.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTIONews

Profesi Yang Cocok Untuk Kamu Yang Hobi Decor Dan Design

Published

on

Caption.id – Profesi seorang desainer, tidah hanya terlepas dari kreativitas dan orisinalitas karyanya. Namun menjadi main pipeline dari berbagai aspek yang terlibat dalam suatu karya. Fungsi manajerial dalam mengkomunikasikan gagasan kepada fotografer, ilustrator, copywriter, pihak produksi dan pihak publikasi lainnya.

Selama ini kamu mungkin ngebayanginn profesi untuk peminat decor dan design hanya arsitek atau graphic designer aja. Yuk kita cek beberapa profesi yang sedang trend di tengah tingginya hobu akan decor dan design berikut:

Landscape Designer

Menurut arsitur.com , arsitektur lanskap adalah ilmu perancangan ruang yang berfokus pada tata lanskap, meliputi pohon, perkerasan, air dan ruang terbuka lainnya.  Arsitektur lanskap membutuhkan pendekatan multidisiplin yang melibatkan ilmu lingkungan, seni, ekologi, dan banyak lagi.  Arsitektur lanskap banyak bergerak di bidang penataan sungai, pantai, waterfront, taman kota, kawasan agrowisata, dan lain-lain

Arsitek lanskap banyak dibutuhkan untuk proyek pemerintah maupun swasta dalam penataan lanskap kawasan. Sama seperti arsitek bangunan, arsitek lanskap juga biasanya menggunakan aplikasi CAD, aplikasi modeling 3D dan image editing.

image : homeadvisor.com

Interior Designer

Jobdesk seorang interior designer berfokus pada satu ruang atau satu bagian ruang saja untuk memberikan kesan khusus pada ruang atau bagian ruang itu. Interior designer berperan untuk menciptakan area fungsional, aman,  nyaman, efisien, dan estetis yang mendukung fungsi ruang itu.

Dikutip dari arsitag.com, untuk lingkup pekerjaan yang lebih spesifik,salah satunya yaitu ineterior decorator. Para interior decorator benar-benar fokus untuk mendekorasi elemen arsitektur yang memang sudah ada.  Interior decorator adalah para spesialis estetika. Misalnya ketika mendekor rumah minimalis, kamu dapat menggunakan jasa interior decorator yang turut membantu ketika memilih warna cat dinding, material furnitur, hingga aksesoris apa saja yang cocok untuk dekorasi rumah Anda. (source : arsitag.com)

image : istock

Set Designer

Untuk kebutuhan membuat latar suatu film/panggung atau booth suatu pameran adalah keahlian set designer. Mengimplementasikan gambaran skenario film menjadi set yang nyata dan hidup. Pembuatan booth para exhibitor, menuntut set designer dapat menghasilkan instalasi yang sesuai dengan brand image dari suatu product. Di era pandemi, trend virtual memperlebar ranah dari set deigner yaitu pembuatan backdrop, template foto, baik yang 2D hingga 3D.

image : studiobinder

Continue Reading

LIFESTYLE

Jelang HUT Ke 28 Tahun, IMB Group Kembali Gelar Donor Darah

Published

on

Makassar, Caption.id – IMB Group melalui IMB Foundation menggelar donor darah sebagai bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan HUT ke 28 Tahun IMB Group dan bentuk kepedulian terhadap sesama, di Ballroom Hotel Aerotel Smile, Jalan Muchtar Lutfi No 38, Jumat (21/1/2022).


Donor darah diikuti karyawan IMB Group dan Komunitas Pahlawan Darah Makassar dengan
jumlah peserta 110 orang. Donor darah menjadi agenda rutin IMB Foundation setiap triwulannya
bekerjasama dengan UPTD Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan. Selain itu, kegiatan ini
memberikan fasilitas pengecekan kesehatan (gula darah, kolesterol dan asam urat) yang
bekerjasama dengan Kimia Farma.


Presiden Direktur IMB Group, Andi Rahmat Manggabarani mengatakan bahwa kegiatan yang
dilaksanakan ini dalam rangka peringatan HUT IMB Group ke 28 Tahun dengan tema Sinergi
Dalam Bertransformasi. Sebagai wujud implementasi tema tersebut, kegiatan Donor Darah menjadi sinergi IMB Group terhadap kepedulian dalam membantu sesama yang membutuhkan.


“Kegiatan sosial donor darah ini merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility
(CSR) yang diselenggarakan secara berkala. Dan apresiasi setinggi – tingginya bagi pendonor yang
memiliki kesadaran dan jiwa sosial khusunya di masa pandemi ini untuk membantu memenuhi
stok kebutuhan darah”, ujar Andi Rahmat Manggabarani.


Beberapa program CSR yang dilaksanakan IMB Group melalui IMB Foundation lainnya, antara
lain melakukan kunjungan dan donasi ke panti asuhan, kegiatan penanaman pohon, pemberdayaan rumah tahfidz dan donasi sampah daur ulang ke bank sampah setempat.

Continue Reading

LIFESTYLE

3 Rekomendasi Kamera Untuk OOTD buat Pemula

Published

on

Caption.id – Buat para fashion blogger atau traveller, kamera menjadi gadget wajib untuk mendukung hobi dan gaya hidup yang aktif dan eksis. Tapi masih bingung, tipe kamera yang cocok untuk mendukung hobi foto ootd kamu ? Fotografer @art_dy ngasih 3 rekomendasi kamera buat pemula dengan budget bersahabat mulai dari 5jutaan.

Canon EOS M100

Dengan body yang tergolong kecil, kamera ini menghasilkan latar belakang defokus dengan gradasi yang variatif, karena didukung sensor CMOS tipe APS-C 24,2 megapiksel. Apa pentingnya spesifikasi ini, sistem Dual Pixel CMOS AF, sebagai sensor AF pendeteksi fase. Sensor ukuran APS-C menciptakan efek bokeh yang indah, ini tuh menjadi keunggulan tipe EOS Movie Canon. Native ISO speed tertinggi yaitu 25600. Fitur Creative Assist yang dilengkapi dengan penggeser baru Color tone 2 untuk menyesuaikan nada hijau dan magenta.Buat kamu yang suka nge-vlog, ini tuh cocok banget karena didukung perekam film Full HD/60p kualitas tinggi.

Estimasi harga 4,5-4,9 juta.

Fujifilm X-A5

Keunggulan X-A5 24.2 megapixel yaitu teknologi on-chip phase-detect autofocus untuk mempercepat proses penguncian fokus saat memotret. Rentang sensitivitasnya (native) ISO 200 hingga 12.800. Dilengkapi fitur lensa powerzoom yang digadang -gadang sebagai lensa zoom terkecil dan teringan. Buat kamu yaang suka ngevlog, kemampuan merekam video resolusi full-HD (1080p), Fujifim X-A5 mampu merekam dengan frame rate hingga 60 FPS selama 14 menit.
Estimasi harga 4,5 – 5 juta.

Sony A6000

Masih dalam kategori kamera Fast Hybrid AF, untuk pemula dengan budget 5jutaan, Sony A6000 tidak boleh ketinggalan.Kamera mirrorless fleksibel dan canggih dengan fitur sensor 24.3MP APS-C Exmor APS HD CMOS buat kamu yang mendambakan foto resolusi tinggi dan film Full HD. Pada Sony A6000 ini, sistem autofokusnya mencapai 179 titik phase detection hingga ke ujung gambar.Buat kamu pemburu citylight, tipe ini sangat cocok dengan marked low-light quality dan sensitivitas ISO 25600. Buat kamu yang suka ngevlog, video resolusi Full HD 1080p, Sony a6000 mampu merekam dengan frame rate 60 dan 24 fps Estimasi harga 6 – 7 juta.

Continue Reading

Trending

Copyright ©2022