Connect with us

EKONOMI

Dorong Peningkatan Transparansi Pajak Menjadi Fokus Presidensi G20 Indonesia

Published

on

Caption.id – Dalam rangkaian kegiatan Indonesia sebagai Presidensi G20, telah berlangsung pertemuan Asia Initiative yang pertama. Pertemuan pertama ini mengambil tema “Sustaining the Recovery through Enhanced Tax Transparency” dan dilakukan secara hybrid, Rabu (16/02).

Berdasarkan release Kementrian Keuangan, selain pemimpin otoritas pajak dari 5 negara Asia anggota G20, pertemuan ini turut dihadiri oleh perwakilan dari Global Forum on Transparency and Exchange of Information for Tax Purposes (Global Forum), pemimpin otoritas pajak dari 13 negara Asia anggota Global Forum, dan beberapa lembaga internasional seperti Asian Development Bank (ADB), World Bank serta Study Group on Asian Tax Administration and Research (SGATAR).

Pada pertemuan yang pertama ini, bertindak sebagai Chair adalah Direktur Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan Republik Indonesia Suryo Utomo. Suryo menyampaikan pentingnya kerja sama internasional di bidang transparasi perpajakan (tax transparency) dan Exchange of Information (EOI), untuk mengakselerasi mobilisasi pendapatan domestik, dalam masa pemulihan ekonomi akibat pandemi COVID-19. Ia juga turut mengajak negara-negara di Asia untuk ikut bergabung ke dalam Asia Initiative dan mendapatkan manfaat dari kerja sama di bidang transparansi perpajakan dan EOI.

Peluncuran kegiatan Asia Initiative telah dilaksanakan pada acara Plenary Meeting of the Global Forum pada tanggal 17 November 2021, di mana Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati dan Presiden ADB Masatsugu Asakawa memberikan dukungan atas pembentukan Asia Initiative ini.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EKONOMI

Mendag Muh Lutfi Menyampaikan Kinerja Perdagangan Indonesia 2021 : Bertransformasidan Fokus Pada Nilai Tambah

Published

on

Caption.id – Menteri  Perdagangan  Muhammad  Lutfi menyampaikan,  sektor perdagangan   pada   2021   cukup membanggakan. Saat   ini, Indonesia   sedang   bertransformasi menjadi  negara  yang  menjual  barang  industri  dan  industri  berteknologi  tinggi. Hal  ini  merupakan komitmen   Indonesia   untuk   mendorong peningkatan   nilai   tambah barang   komoditas   dasar pertambangan.  Selain  itu,  pasar  Indonesia  yang  besar juga menjadi  magnet  investasi untuk menjadi sentra produksi.

Hal tersebut diutarakan Mendag Lutfi dalam Gambir Trade Talk (GTT) #5 2002 yang digelar secara daring kemarin, Rabu (23/2). GTT #5 mengusung tema “Retrospeksi Kinerja Perdagangan 2021 dan Resolusi 2022”.

“Catatan yang membanggakan dari ekspor nonmigas Indonesia pada 2021 adalah empat dari lima produk   ekspor   utama merupakanbarang-barang   industri   dan   industri   berteknologi   tinggi. Komoditas  tersebut  adalah  CPO  dan  turunannya  (USD  32,83 miliar);besi  baja (USD  20,95 miliar); produk elektrik dan elektronika (USD 11,80 miliar;serta kendaraan bermotor dan suku cadangnya(USD 8,64 miliar),”ungkap Mendag.

Mendag menambahkan, ekspor mobil telahmenjadi primadona ekspor Indonesiasaat ini. Bahkanpada  15  Februari  lalu,Indonesia  telah  berhasil  melakukan  eksporperdana  produkmobil  ke Australia    sebagai    salah    satu    implementasi    Indonesia-Australia Comprehensive    Economic Partnership Agreement(CEPA).

Selain  itu,  Mendag  juga  mengungkapkan  bahwa  salah  satu  hal  penting dari  capaian ekspor  2021 adalah komitmen  Indonesia  terhadap  hilirisasi  produk  pertambangan  yang  akan  menjadi game changerIndonesia di masa yang akan datang.

Continue Reading

EKONOMI

Melalui Festival Bau Nyale 2022 Menparekraf Harap Kebangkitan dan Kepulihan Ekonomi

Published

on

Caption.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, menghadiri acara seremonial Pesona Festival Bau Nyale 2022, yang berlangsung di Novotel Lombok, NTB, pada Minggu (20/2/2022) malam.

Salah satu bagian dari event Kharisma Event Nusantara (KEN) Kemenparekraf/Baparekaf, Festival Bau Nyale merupakan tradisi turun temurun dari masyarakat dari Suku Sasak. Antusiasme masyarakat sangat besar dan menyambut dengan meriah, lantaran festival tahunan ini sempat ditiadakan semenjak pandemi COVID-19 melanda.

Dikutip dari siaran pers kemenparekraf, Menparekraf Sandiaga berharap perhelatan Festival Bau Nyale dengan tema Spirit of Mandalika dapat menjadi momentum kebangkitan dan kepulihan ekonomi masyarakat NTB.

“Setelah absen beberapa saat event daerah, kini mulai digeliatkan. Dan mudah-mudahan event ini sebagai momentum kebangkitan ekonomi kita. Festival Bau Nyale 2022 dengan tema Spirit of Mandalika ini kita harapkan juga sebagai momentum persiapan kita menghadapi MotoGP sebagai pra-event,” kata Sandiaga.

Gubernur Provinsi NTB, Zulkieflimansyah, mengatakan bahwa Mandalika adalah satu spirit yang sering diceritakan oleh orang tua, agar setelah penat “berkelahi” dengan kehidupan, Mandalika menawarkan kegembiraan bagi masyarakat. Dan kini Mandalika telah menjadi one of the best destination in the world yang diburu oleh “pangeran- pangeran besar” (wisatawan) dari seluruh penjuru dunia.

“Mandalika menjelma menjadi sirkuit Mandalika. Dan mudah-mudahan dengan hadirnya berbagai event internasional spirit of Mandalika dapat memberikan senyuman prestasi terbaik, dan kegembiraan bagi masyarakat,” kata Zulkieflimansyah.

Continue Reading

EKONOMI

Bank BCA Umumkan Akan RUPST Dengan Rencana Perombakan Direksi

Published

on

Caption.id – PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) atau BCA akan merombak susunan direksi pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang akan dilaksanakan 17 Maret 2022 mendatang. Pengumuman tersebut disampaikan perseroan melalui keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Perseroan mengatakan, perubahan susunan anggota direksi yang akan diusulkan adalah mengangkat Gregory Hendra Lembong sebagai wakil presiden direktur perseroan.
Direktur yang membawahkan fungsi kepatuhan perseroan akan dijabat oleh Lianawaty Suwono. Posisi tersebut semula dijabat oleh Haryanto Tiara Budiman. Dan mengangkat Antonius Widodo Mulyono sebagai direktur perseroan.

Masa jabatan direksi baru akan berlaku efektif pada hari kerja pertama bulan berikutnya setelah perseroan menerima persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas pengangkatan tersebut.. Selain perombakan direksi, dalam mata acara lain, RUPST juga akan menyetujui laporan tahunan termasuk laporan keuangan perseroan dan Laporan tugas pengawasan dewan komisaris perseroan untuk tahun buku yang berakhir 31 Desember 2022

Continue Reading

Trending

Copyright ©2022